Penyebab Sulit Hamil Pada Wanita

Penyebab sulit hamil pada wanita. Faktor penyabab sulitnya kehamilan pada seputar dunia wanita secara medis perlu di ketahui agar mendapatkan cara dan solusi yang tepat bagaimana mengatasi masalah tersebut, serta memperoleh pengobatan yang benar - benar dapat membantu wanita mendapatkan kehamilanya.
Pada wanita gangguan kesuburan karena adanya gangguan hormonal, hal ini akan berakibat pada terganggunya saat ovulasi. Sedangkan pada pria masalah ini berkaitan erat dengan kualitas sperma. Kualits sperma yang rendah atau tidak bagus sering mengakibatkan kesulitan dalam memperoleh keturunan. Penyebab kuliatas sperma yang rendah adalah gangguan pada proses pembentukan spermatozoa, yang di pengaruhi oleh faktor genetik dan gaya hidup. Terdapat beberapa kemungkinan faktor penyebab sulit hamil pada wanita.

Stress
Keseimbangan dan ketenangan adalah salah satu cara cepat hamil. Bila selalu dalam kondisi stress yang tinggi maka akan mempengeruhi keinginan untuk memperoleh buah hati dalam keluarga.

Usia
Usia dapat mempengaruhi kesuburan wanita, wanita yang berusia lebih dari 40 tahun memiliki jumlah sel telur yang lebih rendah dan kurang sehat. Sehingga resiko keguguran lebih tinggi.

Life style
Kebiasaan dan gaya hidup yang tidak sehat dapat mempengaruhi kesuburan seperti merokok, minum minuman yang beralkohol, konsumsi makanan yang cepat saji, serta penggunaan obat - obatan yang dapat menyebabkan gangguan kesuburan.

Alergi sperma
Wanita yang mengalami kelainan hormonal antisperma, secara otomatis tubuhnya akan membentuk antibodi setiap kali di masuki sperma. Antibodi akan mengusir dan menolak sperma yang masuk. Karena tidak adanya pertemuan antara sperma dan sel telur maka tidak akan mungkin terjadi pembuahan. Alergi sperma harus diatasi dengan paternal leukocyte immunization.

Manoupause dini
Hilangnya menstruasi di tandai dengan folikel ovarium sebelum wanita memasuki usia 40 tahun. Wanita memasuki manoupause apabila fungsi ovarium dan datang bulan berhenti. Manoupause dini dapat di sebabkan karena radiasi yang memicu kekebalan di dalam tubuh.

Kerusakan pada saluran telur ( tuba )
Penyumbatan atau adanya jaringan perut, yang di sebabkan karena meradangnya saluran tuba sehingga mempengaruhi kesuburan. Kerusakan tersebut diakibatkan karena infeksi penyakit menular seksual terutama oleh klamidia. Kasus lainya dapat di karenakan penyumbatan penyakit karena radang panggul atau pasca operasi kehamilan ektopik.

Sindrom ovarium polikistik ( PCOS )
Merupakan kondisi yang mengakibatkan terjadinya produksi hormon androgen yang merupakan salah satu penyebab terjadinya gangguan kesuburan pada wanita. Ketidak seimbangan ini ayang akan mengakibatkan PCOS bermasalah dengan ovulasi dan terganggunya siklus datang bulan.

Endometriosis
Jaringan rahim yang tumbuh di bagian luar rahim sehingga mempengaruhi indung telur, saluran telur, telur, rahim dan juga fungsi sperma. Pada kasus ringan konsepsi mungkin terjadi karena tidak semua wanita mengalami gangguan kesuburan.

Ovarium jaringan parut
Kerusakan fisik pada ovariuam dapat mempengaruhi ovulasi pada wanita. Kerusakan ini dapat disebabkan oleh pembedahan akibat terjadinya kista ovarium. Operasi konstan yang lebih luas akan mengakibatkan jarungan perut, folikel yang melekat akan mengakibatkan gangguan pada proses ovulasi yang tidak lengkap.

Adhesi pelvis
Adhesi pelvis didefinisikan sebagai jaringann parut yang terbentuk setelah operasi panggul, usus buntu yang dapat mengganggu kesuburan. Adhesi pelvis dapat mengubah struktur saluran tuba, sehingga sulit untuk telur wanita melakukan perjalanan melalui saluran tersebut.

Masalah tiroid
Hipertiroidisme adalah suatau kondisi diamana kelenjar tiroid terlalu aktif. Sedangkan hipotiroidisme merupakan kondisi yang disebabkan kelenjar tiroid yang kurang aktif. keduanya dapat menyababkan masalah infertilitas pada wanita.

Pengobatan kanker
Menjalani terapi atau bentuk lain dalam pengobatan kanker dapat mengganggu fungsi dari sistem reproduksi baik pria maupun wanita. Penelitian menunjukan bahwa penuruanan kesuburan pada wanita salah satu penyebabnya adalah efek samping dari radiasi. Namun kondisi ini juga tergantung dari bagian tubuh yang disinari. Wanita yang menjalani terapi radiasi harus membicarakan dengan dokter mereka tentang efek pengobatan yang mungkin akan mempengaruhi kesuburan.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...