Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Tips menjaga kesehatan ginjal. Ginjal adalah organ eksresi pada manusia sebagai bagian dari sistem urin, yang berfungsi untuk menyaring kotoran dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Banyak masyarakat yang kurang peduli terhadap kesehatan ginjalnya. Padahal peranan ginjal dalam metabolisme tubuh sama pentingnya dengan organ lainya, sehingga menjaga kesehatan ginjal menjadi keharusan bagi setiap orang. Kesehatan ginjal tidak boleh di pandang sebelah mata, karena apabila terkena penyakit ginjal dan sudah mencapai stadium berat maka biaya pengobatanya akan sangat mahal. Perlu di ketahui bahwa komplikasi dari penyakit ini pun terbilang banyak mulai dari diabetes, kardiovaskular, sampai pengeroposan tulang. Hal yang penting adalah lebih baik mencegah dari pada mengobati yaitu dengan cara menjaga kesehatan ginjal.

Menjaga kesehatan fisik
Menjaga kesehatan fisik yaitu dengan cara berolahraga secara teratur dan menkonsumsi makanan - makanan yang sehat. Perlu diingat bahwa makanan yang banyak mengandung zat pewarna sangat berperan dalam mempengaruhi kondisi ginjal seseorang. Kopi atau teh yang terlalu sering di konsumsi dapat menggangu kinerja ginjal.

Mengoknsumsi cukup air putih
Mengkonsumsi air mineral kurang lebih 8 sampai 10 gelas setiap hari untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh serta membantu menjaga kesehatan ginjal, dapat juga dengan mengkonsumsi sayuran dan buah - buahan untuk mencegah dehidrasi.

Menjaga tekanan darah
35 % penyakit ginjal di sebabkan oleh tekanan darah tinggi. tekanan darah harus tetap terjaga dan stabil. Hindari makanan yang dapat memicu terjadinya kenaikan tekanan darah.

Menjaga kadar gula darah
Gula darah yang tinggi dapat menjadi salah satu faktor penyebab penyakit ginjal, pada tahun 2010 silam 25 % penyakit ginjal di sebabkan oleh diabetes.

Hindari merokok dan rutin memeriksakan kesehatan
Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, ginjal, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin. Sebaiknya ginjal di periksakan secara rutin dalam bentuk pemeriksaan protein dalam urin dan mengukur laju filtrasi, glomerulus atau LFG.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...