Dampak penggunaan gadget pada anak

Gadget merupakan salah satu dari hasil kemajuan teknologi yang mampu mempengaruhi cara berfikir dan cara hidup manusia. Manusia menjadi orang yang ketergantungan dengan gadget karena fitur - fitur yang memberikan kemudahan dan segala fasilitasnya. Dengan segala hal yang terdapat pada gadget membuat manusia merasa dunia itu hanya sebatas jari tangan saja. Kita dapat melintasi antar benua hanya dengan sebatas klik.
Selain banyak memberikan manfaat bagi seputar dunia penggunanya, kemudahan - kemudahan yang ditawarkan gadget ternyata juga membawa pengaruh negatif terutama jika di berikan kepada anak - anak tanpa pengawasan yang baik dari orang tua. Pasalnya permainan - permainan tradisional mulai banyak di tinggalkan, anak - anak lebih memilih aplikasi yang terdapat pada gadget atau bermain game player. Berikut merupakan dampak negatif daari penggunaan gadget pada anak - anak,

  • Penurunan dalam kemampuan bersosialisasi, anak menjadi tidak peduli terhadap lingkungan sekitarnya dan tidak paham etika bersosialisasi.
  • Penurunan konsentrasi saat belajar, anak lebih senang berimajinasi seperti dalam tokoh game yang sering dimainkan dengan gadgetnya.
  • Malas menulis dan membaca, pengaruh gadget yang memudahkan dalam menulis, perangkat visual yang lebih menarik menjadikan anak malas membaca.
  • Mempengaruhi kemampuan menganalisa masalah, saat belajar anak tidak mau mencari data dan tidak tertantang untuk melakukan analisis karena menginginkan sesuatu yang serba cepat dan langsung terlihat hasilnya.



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...