Aplikasi Ponsel Pendeteksi Penyakit

Ponsel merupakan suatu alat komunikasi hasil dari perkembangan teknologi yang semakin marak di gunakan oleh setiap orang, namun dengan beragamnya fitur dan aplikasi pada ponsel yang kian bertambah, sekarang ponsel mulai melanda dunia kesehatan. Beragam Aplikasi kesehatan yang kini di kembangkan bertujuan untuk membantu manusia mendeteksi penyakit dan peduli terhadap lingkunganya.

Aplikasi yang bernama SpiroSmart yang di kembangkan oleh para peneliti di University Washington yang dapat mendeteksi penyakit paru - paru. SpiroSmart bekerja dengan menganalisin suara napas penggunanya.

Di indonesia sebenarnya pernah di kembangkan sebuah aplikasi pendeteksi penyakit, seperti MOSES ( Malarian Oservation System and Endemic Surveliance ), di ciptakan oleh mahasiswa ITB ( Institute Teknologi Bandung ) untuk mendeteksi penyakit malaria.

para ilmuwan komputer dan peneliti juda memanfaatkan aplikasi yang sudah ada salah satunya adalah twitter. Media sosial ini dimanfaatkan untuk mendeteksi penyakit influenza di amerika serikat. Mereka mengumpulkan kicauan - kicauan dari para pengguna twitter untuk memetakan lokasi yang terjangkit epidemi flu.

Max little, seorang ilmuwan matematika dari university of oxford, inggris telah mengembangkan sebuah algoritma untuk mendeteksi kelainan suara yang dapat membantu mendeteksi parkinson. Parkinson adalah penyakit syaraf degeneratif yang umumnya menyerang lansia diatas 50 tahun.

Perangkat bernama Handyscope  yang dapat mendeteksi kanker kulit pada manusia. Handyscope merupakan alat pengambil gambar yang memiliki perbesaran dan focus otomatis. Alat ini di produksi oleh fotfinder sebuah perusahaan asal jerman, dan di sambut baik oleh para ahli penyakit kanker.



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...