Manfaat perkembangan teknologi digital

Manfaat perkembangan teknologi digital adalah istilah yang menggambarkan fenomena jaman sekarang, yaitu sebagai revolusi gaya hidup (bahkan budaya hidup) akibat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang makin pesat. Gaya hidup digital banyak di gemari dalam seputar dunia wanita karena dengan menggunakan peralatan digital, pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih efisien dalam arti menghemat biaya dan juga waktu, dapat lebih efektif karena tujuan pekerjaan bisa dicapai lebih cepat daripada sebelumnya.

Para ahli mengatakan bahwa tujuan utama gaya hidup digital adalah optimalisasi produktivitas dengan menggunakan berbagai perangkat dari manfaat teknologi informasi dan komunikasi. Sejak beberapa tahun belakangan ini, masyarakat dunia mulai menunjukkan penerapan gaya hidup digital dalam rutinitas kehidupan masing-masing baik disadari atau tidak. Fenomena ini bukan saja di minati oleh kelompok yang mudah menerima teknologi seperti pemuda, eksekutif, dan pekerja. Orang awam pun juga tidak ketinggalan ikut berperan dalam penerapan menembus batas dengan teknologi informasi dan komunikasi. Bisa di buktikan pada setiap ada pameran seputar teknologi informasi dan komunikasi seperti komputer dan telepon seluler, orang akan beramai-ramai mengunjunginya. Hal ini menunjukkan bahwa penikmat teknologi informasi dan komunikasi sangat banyak di dunia tak terkecuali seputar wanita indonesia.

Apa yang kita lihat pada pameran teknologi informasi dan komunikasi, kebanyakan produsen mengeluarkan hardware dan software. Tanpa adanya software di dalam hardware tersebut, sebuah perangkat tidak bisa digunakan dengan baik. Hal ini secara tidak langsung menuntut pengguna untuk belajar mengoperasikan berbagai peralatan tersebut, sehingga mereka mampu menggunakanya.

Telepon seluler, kamera digital, PDA, pemutar MP3 Player, notebook, Video Player, dan peralatan digital lainya, semuanya memerlukan pengetahuan untuk mengoperasikannya. Peralatan - peralatan ini sudah banyak terdapat di kehidupan kita. orang-orang di sekeliling kita, baik di tempat kerja, ataupun di rumah, masing-masing menggenggam ponsel, kadang-kadang ponsel si anak lebih canggih daripada ponsel ayah dan ibunya.

Belum lagi gadget lain yang digunakan, seperti MP3 Player dan scanner digital. Dibanding beragam gadget yang disebutkan di atas, tampaknya ponsel lebih digemari atau lebih popular dibandingkan lainnya. Hal ini karena ponsel merupakan alat komunikasi yang banyak manfaatnya, mengirim SMS dengan rnurah. Fitur-fitur tambahan seperti kamera digital dan perekam video di ponsel makin menambah fungsionalitas ponsel.

Perkembangan jaman yang semakin pesat menghasilkan sebuah terobosan terbaru dalam dunia teknologi. Iphone sebuah alat komunikasi canggih yang dapat mendiagnosis penyakit kanker.

Tambahan perangkat Handyscope pada iphone dapat menambahkan kemampuanya yang dapat mendeteksi kanker kulit pada manusia. Handyscope merupakan alat pengambil gambar yang memiliki perbesaran dan focus otomatis.

Tidak hanya Handyscope yang di sambungkan tapi juga harus di tambahkan aplikasi sehingga iphone juga dapat berfungsi sebagai Dermataskop yaitu alat yang biasa di gunakan oleh dokter untuk mendeteksi melanoma.

Ini adalah sebuah inovasi yang menarik dan yang pertama di dunia, Handyscope membuat pemeriksaan kulit jauh lebih nyaman dan memungkinkan mereka untuk melakukanya di mana saja, meskipun demikian alat ini bukanlah alat untuk mendiagnosis sendiri di rumah. Alat ini di gunakan oleh dokter untuk mencari pendapat lain dan juga sangat berguna bagi mereka yang berprofesi melakukan diagnosis tahi lalat.

Penggunaan cahaya polarisasi untuk mendeteksi apakah sebuah tahi lalat bersifat kanker, alat ini kemudian mengambil gambar dan mengirimkanya ke dokter untuk pemeriksaan, sehingga alat ini sangat membantu pengiriman gambar ke berbagai ahli di dunia untuk keperluan diagnosis.

Alat ini membuat pemeriksaan kulit lebih mudah karena dapat di bawa kemana saja, foto yang di hasilkan menampilkan detail sehingga keputusan dapat di ambil dengan cepat.

Alat ini di produksi oleh fotfinder sebuah perusahaan asal jerman, dan di sambut baik oleh para ahli penyakit kanker.

Manfaat Teknologi bagi kehidupan manusia dalam perkembangannya memiliki peran penting bagi kehidupan manusia. Selain mempercepat komunikasi,  juga memudahkan manusia dalam menyelesaikan berbagai urusannya seperti :

1. Bidang Penerbangan

    Mengatur jadwal penerbangan (flight scheduling).
    Mengatur perubahan jadwal terbang secara mendadak (itinerary change).
    Mengatur sistem penjualan tiket dan reservasi penerbangan (real time reservation).
    Mengatur sistem komunikasi kepada pilot-pilot pesawat mengenai apa yang harus dilakukan (flight  progress checks).


2. Bidang Perbankan

    Mengatur pelayanan rekening kepada nasabah.
    Menyediakan mesin teller otomatis atau anjungan tunai mandiri (ATM). Dengan perangkat ini, pihak bank dapat memberikan kemudahan kepada nasabah untuk melakukan transaksi walaupun pada saat libur.


3. Bidang Perdagangan

    Menyediakan sistem jaringan yang terkoneksi melalui alat bantu scanner (pemindai).
    Menyediakan alat bantu konsumen untuk melakukan pengecekan harga.


4. Bidang Perkantoran

    Menyediakan mesin penjawab telepon secara otomatis.
    Menyediakan alat pengolah kata dengan mesin komunikasi berupa teleks dan faksimile.


5. Rumah Masa Depan

Peranan teknologi dalam rumah masa depan yang berdasar pada home automation adalah ketersediaan alat pemantau bahaya yang dapat memberitahukan pencurian, kebakaran, dan kebocoran gas. Alat ini berfungsi secara otomatis dan diperintah lewat saluran telepon.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...