Dampak Kekurangan Gizi Pada Ibu Hamil

Dampak kekurangan gizi pada ibu hamil. Seputar dunia wanita yang sedang mengalami kehamilan sangat penting untuk memperhatikan asupan nutrisi penting untuk ibu hamil. Perlu di pastikan makanan yang di konsumsi oleh ibu hamil setiap hari memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang dan mengutamakan 4 sehat 5 sempurna.
Nutrisi tepat dan seimbang pada makanan yang di konsumsi ibu hamil di butuhkan bukan hanya untuk menjaga kesehatan fisik saja, tetapi berdampak pada kesehatan janin, persiapan persalinan, pemulihan pasca bersalin, hingga persiapan menyusui. Ibu hamil dengan status gizi baik akan terhindar dari berbagai resiko sepanjang kehamilan hingga bersalin.
Kekurangan gizi pada ibu hamil dapat menimbulkan berbagai resiko pada kehamilan, janin, dan persalinan. Pada janin resiko yang dapat terjadi diantaranya keguguran, bayi lahir mati, cacat bawaan, anemia pada bayi, berat badan lahir rendah, serta bayi baru lahir dengan status kesehatan rendah.
Dampak dari kekurangan gizi saat hamil juda dapat terjadi ketika ibu menghadapi persalinan, seperti persalinan sulit, prematur, pendarahan setelah persalinan, dan persalinan dengan operasi. Ibu hamil yang kekurangan gizi sulit untuk melahirkan normal karena kondisinya cenderung lemah dan kurang tenaga untuk melahirkan secara normal.
Tanda dari ibu hamil yang kekurangan gizi dapat di kenali dari berat badan selama kehamilan. Jika selam kehamilanya tidak menunjukan kenaikan berat badan sesuai pola yang berlaku, ini menandakan ibu hamil kekurangan gizi. Penambahan berat badan perlu merujuk kepada KMS ( Kartu Menuju Sehat ) ibu hamil. Pada trismester pertama kenaikan berat badan normalnya adalah 1 kg sampai 2 kg atau 350 gr sampai 400 gr / minggu. Sementara pada trismerter kedua dan ketiga sebaiknya ibu hamil mengalami kenaikan berat badan 340 gr sampai 500 gr / minggu.
Ibu hamil yang kekurangan gizi akan cenderung lemah, merasa pusing, dan kurang nafsu makan. Jika hal ini terjadi selama kehamilan, resiko yang dapat muncul adalah pendarahan. Ibu hamil juga beresiko tinggi terkena infeksi selain mengalami anemia.



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...