Kriteria Makanan Untuk Diet

Makanan yang banyak mengandung air
Makanan dengan kadar air yang tinggi dapat menjaga metabolisme tubuh tetap stabil, akibatnya pembakaran lemak lebih banyak terjadi. Makanan yanga banyak mengandung air biasanya berasal dari buah buahan dan sayuran segar.

Makanan yang berserat tinggi
Dengan mengkonkumsi makanan berserat setiap hari dapat membantu diet anda karena dapat membuat kita kenyang lebih lama, makanan yang berserat tinggi biasanya terdapat pada sayuran yang berwarna cerah, buah buahan, ubi, gandum, beras merah. Selain membantu diet, makanan berserat tinggi juga juga memiliki manfaat lainya seperti : membantu proses detoksifikasi, mencegah kanker usus besar, mencegah sembalit, menurunkan kadar kolestrol, dan mencegah usus buntu.

Makanan yang berprotein tinggi
Protein merupakan nutrisi yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna oleh tubuh sehingga menimbulkan efek kenyang lebih lama. Protein juga membantu dalam proses pembakaran lemak karena protein memberikan asupan energi untuk otot. KOnsumsi protein yang baik dianjurkan  120 – 140 gr / hari, setara dengan 1 potong daging ayam sedang tanpa kulit.
Ada 2 jenis protein yaitu protein nabati ( berasal dati tumbuhan ) yang dapat kita temui pada kacang kacangan seperti kacang hijau, kacang polong, kacang tanah, kedelai, almond, dan kacang merah. Protein hewani ( berasal dari hewan a0 yang dapat kita temiu pada daging seperti sapi, ayam, kambing, ikan, dan telur.

Makanan dengan indeks glisemik ( GI ) rendah
GI adalah ukuran untuk mempercepat dan jumlah dimana makanan melepas gula kedalam saluran darah. Semakin tinggi jumlah GI dalam makanan semakin rendah kepuasan yang di dapat. Dari 20 penelitian yang pernah di publiasikan antara tahun 1977 dan 1999, terdapat 16 penalitian yang menunjukan bahwa makanan dengan GI rendah dapat memberikan kepuasan yang di dapatkan dari makan dan mengurangi rasa lapar sesudahnya. Makanan dengan GI rendah dapat kita teemui pada kacang kacangan, kentang, miju miju, dan sebagian besar buah dan sayuran.

Makanan dengan jenis karbohidrat kompleks
Karbohidrat komplek merupakan jenis makanan yang baik untuk membantu diet karena lebih lambat di cerna oleh tubuh sehingga kita akan merasa kenyang lebih lama, kadar gula juga akan menjadi lebih stabil. Mkanan dengan karbohidrat komplek dapat di peroleh dari makan berserat, oat, kacang kacangan, susu kedelai, yoghurt dll.

Makanan yang emngandung lemak sehat
Lemak sehat akan membantu mengurangi kadar lemak buruk dalam tubuh. Yang perlu di perhatikan adalah pengaturan porsi lemak yang dikonsumsi. Dari total 30% asupan lemak sebaiknya, 1 % lemak jenuh, 20 % lemak tak jenuh, 6 – 10 % lemak tak jenuh jamak, dan 10 % lemak tak jenuh tunggal.

Perlu diperhatikan juga jangan terlalu ketat terhadap diet yang kita lakukan, terutama pada wanita. Dengan kondisi fisik yang saat ini kita miliki itu adalah suatu anugrah dan harus selalu kita syukuri, kita jaga, dan kita pelihara. Pada satu sisi kekurangan kita, pastilah disisi lain ada kelebihannya.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...