Taman bumi indonesia

Taman bumi indonesia terbentang dari ujung pulau sabang sampai ujung pulau merauke, hanya saja baru sebagian kecil yang terungkap keindahannya. Pembentukan taman bumi di indonesia adalah target yang saat ini tengah di kejar pemerintah indonesia. Taman bumi indonesia tidak hanya berbicara masalah geologi yang sempit, melainkan juga memiliki makna sebagai upaya penggabungan antara perlindungan dan edukasi dari tiga pilar yakni keanekaragaman geologi, hayati dan budaya.

Ada 4 tempat yang diusulkan pemerintah indonesia sebagai taman bumi  di antaranya  :  
  • RAJA AMPAT ( papua )
  • JAMBI FLORA ( jambi )
  • DANAU TOBA ( sumatra utara )
  • KALDERA BATUR ( bali )
Saat ini tengah  di usulkan kepada UNESCO untuk dijadikan sebuah kawasan taman bumi tahun ini. Sampai tahun 2012 dunia memiliki 84 taman bumi yang di akui oleh UNESCO dan tersebar di 27 negara. Cina adalah negara dengan taman bumi terbanyak. 

Indonesia memiliki begitu banyak warisan geologi, tapi sampai saat ini belum memiliki satu lokasipun taman bumi yang di akui dunia.

Warisan geologi indonesia harus dilindungi, dapat menggabungkan ilmu pengetahuan dengan pariwisata. Pemanfaatan warisan geologi tidak dapat dilakukan oleh satu pihak, melainkan harus melibatkan berbagai pihak. Supaya dapat tercipta keseimbangan antara alam yang dikelola dan  manusia yang mengelola.

Telah di kupas dalam seputar dunia wanita, tentang manfaat kekayaan alam indonesia untuk kecantikan yang merupakan rahasia kecantikan wanita terutama bagi seputar wanita indonesia sendiri.    


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar