Menjaga Kehamilan Pada Trismester Pertama

Menjaga kehamilan pada trismester pertama. Hamil muda atau kehamilan pada trismester pertama, sangat rawan dan  rentan terjadi hal- hal yang tidak diinginkan, bahkan yang terburuk adalah keguguran. Hal ini tentunya menjadi mimipi buruk bagi seputar dunia wanita yang sedang menjalani kehamilanya. Menjaga kehamilan bukan hanya bagi ibu yang sedang hamil saja, tetapi juga bagi para suami dan orang - orang di sekitar perlu waspada dan siaga untuk mendukung dan menjaga kehamilan ibu hamil. Ibu hamil harus menghindari beberapa hal yang tidak boleh di lakukan oleh ibu hamil. Terdapat beberapa hal yang dapat ibu hamil lakukan demi menjaga kehamilanya.

Perbanyak mengkonsumsi air putih atau jus buah di luar jadwal makan, karena pada trismester pertama ibu hamil sering mengalami mual dan muntah karena hal ini dapat menyebabkan dehidrasi. konsumsi jenis makanan yang mudah di cerna seperti nasi, jagung, kentang, ubi. Hindari makan yang beminyak dan berlemak tinggi seperti yang bersantan dan gorengan. Jika ibu hamil mengalami sembelit minum air putih minimal 12 gelas / hari.

Pada kehamilan trismerter pertama akan terasa sangat mudah lelah, bahkan ada sebagian wanita yang pingsan di sebabkan tekanan darah yang rendah. Oleh karena itu hindari beberapa hal yang tidak boleh di lakukan oleh ibu hamil dan beraktifitas terlalu berat. Hindari berdiri dan duduk terlalu lama, beraktifitas dan istirahatlah secukupnya.

Nutrisi pentig untuk ibu hamil perlu di perhatikan. Kesehatan  ibu hamil dan janinnya akan terjaga apabila ibu hamil mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang. Jika ibu hamil kekurangan asupan nutrisi akan mengalami dampak kekurangan gizi pada ibu hamil. Hal ini dapat berakibat bayi terlahir prematur, keguguran, adanya kelainan sistem syaraf pada bayi, perkembangan janin yang tidak normal, bahkan yang terburuk adalah dapat menyebabkan kematian pada janin. Jika ibu hamil  tidak mengalami berbagai macam gejala seperti, anemia, gusi berdarah, dan gejala lainya maka ibu hamil tersebut dapat di katakan telah mencukupi kebutuhan asupan nutrisinya.

Kebiasaan dan gaya hidup yang tidak sehat seperti mengkonsumsi alkohol, obat - obatan tertentu, dan merokok dapat membahayakan kehamilan. Bagi ibu hamil yang perokok besar kemungkinan bayi yang terlahir tidak sempurna. Karena rokok dan alkohol dapat mengganggu dan menghambat perkembangan janin. Selain itu kebiasaan buruk tersebut dapat menjadi penyebab sulit hamil pada wanita.

Emosi pada ibu hamil sangat tidak stabil. Hal ini disebabkan oleh kondisi hormon yang tidak stabil pada masa kehamilan. Hindari stress pada ibu hamil karena dapat membahayakan janin yang di kandungnya.

Mengatur aktifitas seksual, aktifitas tersebut harus di lakukan secara hati - hati mengingat pada kehamilan trismester pertama masih sangat rawan. Ada baiknya berkonsultasi dengan bidan anda atau dokter kandungan. Jika kehamilan memiliki resiko tinggi seperti keguguran, lahir prematur, adanya pendarahan di dalam vagina, sebaiknya stop sementara demi kesehatan serta keselamatan ibu dan janinnya.





Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...