Jenis Kelainan Pada Payudara Wanita

Jenis kelainan pada payudara wanita. Kelainan pada payudara merupakan  mimpi buruk bagi seputar dunia wanita karena dapat mengurangi rasa percaya diri serta dapat mengganggu keharmonisan dengan pasangan. Besar atau kecilnya ukuran payudara itu tidaklah penting yang terpenting adalah kesehatan dari payudara dan fungsinya. Perlu kita ketahui dan mengenali kelainan - kelainan pada payudara dan bagaimana cara merawat kesehatan payudara.

Kelainan  hormon
kelainan hormonal cukup sering di keluhkan oleh para wanita. Timbul nyeri dan pegal pada payudara. Keluhan sering terjadi menjelang atau ketika datang masa menstruasi. Rasa sakit yang dialami bervariasi ada yang nyeri biasa ada juga yang nyeri luar biasa.
Payudara di siapkan untuk memproduksi air susu pada akhir masa kehamilan. Ketika menstruasi, kondisi payudara di pengaruhi oleh hormon kewanitaan. Hal ini yang membuat payudara terasa padat dan kencang. Tak jarang di sertai benjolan selain keluarnya cairan dari puting susu. Kelainan hormonal seperti ini merupakan reaksi yang wajar, kecualli bila muncul rasa sakit yang berlebihan. Sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Infeksi payudara
Infeksi pada payudara terbagi dua, infeksi pada masa menyusui dan infeksi yang umumnya sering terjadi. Bisa di sebabkan oleh kuman atau virus yang masuk kedalam tubuh, biasanya payudara akan membengkak dan muncul rasa nyeri. Infeksi payudara lebih sering terjadi pada wanita yang sedang menyusui. Air susu ibu merupakan media paling subur untuk berkembangbiaknya bakteri penyebab penyakit. Wanita yang sedang menyusui kerap mengeluh demam, selain itu payudara akan terasa sakit dan memerah. Apabila infeksi sudah parah akan pecah seperti bisul. Namun bukan tidak mungkin infeksi juga dapat di alami oleh wanita yang sedang tidak menyusui. Ini diakibatkan masuknya kuman pada lapisan kelenjar payudara.

Kelainan bawaan
Manusia memiliki 6 pasang payudara, seperti pada hewan mamalia. Posisi yang akan menjadi cikal bakal payudara di mulai dari pangkal ketiak hingga selangkangan. Pada usia kehamilan 10 minggu, ini akan hilang, kecuali yang dikiri dan kanan dada. Pada beberapa orang fase tersebut bisa saja terhambat. ini dapat menyebabkan tumbuhnya payudara lebih dari sepasang. Bahkna, payudara tambahan ini dilengkapi dengan puting susu juga. Munculnya kelenjar payudara tambahan ini perlu di waspadai, karena benjolan yang tumbuh sebagai payudara tambahan ini kemungkinan bisa berkembang menjadi tumor. Besar kecilnya kelenjar payudara tambahan ini berfariasi. Lebih sering terjadi adanya gumpalan kelenjar payudar pada salah satu sisi ketiak. Tapi ada juga yang kelenjar payudaranya tidak terbentuk sama sekali, atau perkembangan kedua payudara tidak berjalan normal.
Tak jarang kelainan bawaan ini membuat wanita kehilangan rasa percaya diri. Biasanya dokter akan mengambil langkah operasi estetika.

Neoplasma tumor
Kanker payudara merupakan salah satu penyakit paling mematikan di indonesia. Hal ini di karenakan oleh beberapa faktor, ada yang tidak mengetahuinya dan ada yang malu untuk berobat. Salah satu upaya untuk mengetahui kelainan pada payudara adalah  dengan melakukan SADARI ( Periksa Payurada Sendiri ). SADARI dapat dilakukan 7 sampai 10 hari sesudah menstruais hari terakhir.

Kelainan lain
Salah satu jenis kelainan lainya pada payudara adalah trauma payudara. Trauma dapat terjadi karena adanya benturan keras pada payudara.



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...