Ciri - Ciri Balita Yang Sehat dan Cerdas

Ciri - ciri balita yang sehat dan cerdas. Anak yang sehat dan cerdas  merupakan hal yang di inginkan oleh setiap orang tua. Balita yang sehat dan cerdas tentu akan terlihat begitu menggemaskan dan memiliki beragam keunggulan di bandingkan balita lainya. Untuk mengetahui ciri balita yang sehat dan cerdas dapat kita ketahui dari beberapa aspek perkembangan dari balitanya.

Ketangkasan fisik yang kuat
Fisik yang baik dan sehat akan mampu menunjang segala aktifitas anak. Anak yang cerdas biasanya akan bersifat lebih energik dan tidak mengenal kata lelah. Meskipun anak kurang istirahat ia tetap semangat menjalani aktifitasnya. Dalam beberapa studi di dapati bahwa anak cerdas akan susah untuk di ajak tidur siang dan anak cenderung kuat hingga larut malam. Selain itu fisik anak cerdas akan lebih besar terutama space otaknya. Space otak yang besar memungkinkan anak untuk berfikir lebih kuat.

Memori yang baik
Salah satu ciri anak yang sehat dan cerdas adalah memiliki memori yang lebih baik di bandingkan balita lainya. Mereka mampu mengingat dengan baik bahkan untuk hal - hal yang spele.

Memiliki kreatifitas dan imajinasi serta banyak akal
Anak cerdas memiliki kemampuan kreatifitas yang tinggi, ia akan bisa mengutak atik kemampuan berfikirnya. Ketika ia memiliki permasalahan maka ia akan dapat mencari solusinya. Bahkan seorang balita dengan kecerdasan yang baik akan mempunyai imajinasi yang benar - benar hidup. Mereka mampu memberikan nuansa yang berbeda di sela - sela keheningan atau saat orang tua sedang tidak terlalu memperhatikan mereka. Balita yang cerdas juga mempunyai pemahaman yang cukup baik terhadap penjelasan dan beragam hal mengenai keadaan sehari - hari.

Pertumbuhan fisik
Balita yang cerdas dan sehat tentu saja mampu dengan baik berkembang secara fisik. Pada umumnya pertumbuhan fisik yang mereka miliki sama seperti balita lalinya, bahkan beberapa balita mengalami pertumbuhan yang lebih baik. Pertumbuhan fisik yang di maksud adalah pertumbuhan tulang dan berat ideal. Hati - hati dengan anak yang tumbuh gemuk apalagi berkategori obesitas karena dapat beresiko mengalami beragam penyakit.

Kemampuan berjalan dan berbicara lebih cepat
Tidak mengherankan anak yang cerdas akan lebih cepat berjalan dan berbicara. Anak akan mampu berceloteh dan memahami kosakata baru di dalam bahasa sehari hari yang mereka miliki. hal yang menyebabkan cepatnya perkembangan berjalan dan berbicara tersebut di karenakan anak memiliki kemampuan koordinasi tubuh yang sangat baik dan biasanya kemampuan motorik kasarnya lebih cepat berkembang di bandingkan motorik halusnya.

Mata yang responsif
Balita yang sehat dan cerdas akan segera merspon ketika kontak mata dengan seseorang, melihat sesuatu, di panggil atau mendengar suara.

Mampu membaca di usia dini
Anak cerdas akan memiliki kemampuan mengingat yang sangat kuat. Sehingga ketika anak di ajari untuk membaca maka dengan cepat ia akan bisa merekam apa yang diajarkan kepadanya. selain itu anak yang cerdas akan dapat belajar lebih cepat di bandingkan dengan anak lainya.

Kemampuan menulis yang lebih lambat
Menulis merupakan kegiatan yang berkaitan dengan perkembangan motorik halus pada anak. Biasanya anak yang cerdas akan mengalami sedikit ketertinggalan pada perkembangan motorik halus. Tak heran beberapa anak cerads akan mengalami sedikit kesulitan untuk menulis ketika masuk sekolah.

Waktu istirahat dan BAb yang rutin
Perkembangan anak akan sangat di pengaruhi oleh waktu istirahatnya, tubuh dan otaknya akan secara maksimal berkembang ketika tidur. Gangguan pencernaan pada anak bisa saja terjadi, bila anak lebih sering buang air besar hal ini akan mengganggu proses penyerapan nutrisi pada tubuh anak.

Memiliki keyakinan yang mantap
Keyakinan yang kuat akan melahirkan sifat yang teguh pendirian. Akibatnya anak akan senang  untuk bereksperimen dan mencari tahu sendiri akan sesuatu hal. Maka tidak heran anak cerdas akan memiliki sifat yang senang mengamati dan memiliki minat yang kuat terhadap hal- hal yang baru.





Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...