Tips Sehat Saat Berbuka puasa

Tips sehat saat berbuka puasa. Puasa adalah menahan lapar dan haus dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Dan bagi umat muslim di wajibkan berpuasa pada bulan ramadhan. Di bawah ini adalah tips sehat berpuasa agar badan kita tetap sehat dan bugar saat menjalani puasa serta ibadah lancar.

Berbuka dengan yang manis
Selama berpuasa tubuh kehilangan banyak energi dan kurang nutrisi, makanan yang manis dapat memberi asupan energi yang lebih cepat sehingga tubuh cepat kembali segar. disarankan makan 3 butir kurma dan segelas air putih atau teh manis. Bisa juga dengan mengkonsumsi buah - buahan.

 minum air yang cukup
Air akan membantu ekskresi racun dan membantu perncernaan serta muntuk mencegah dehidrasi. Hindari minuman yang terlalu dingin karena dapat membuat perut cepat kenyang. Sehingga kita akan kehilangan seleera untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi, akibatnya tubuh akan cepat lemas saaat berpuasa esok harinya.

Hindari makanan yang berminyak
Makanan berminyak bukanlah pilihan menu yang ideal untuk berbuka. Makanan berminyak memakan waktu lebih lama untuk di cerna dan membuat perut terasa kenyang, tapi sebenarnya tidak memberikan nutrisi yang cukup

Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein
Protein dapat membantu dalam membangun jaringan atau massa otot dan mencegah tubuh dari mudah lelah.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks
Biji bijian sereal, atu makan yang serupa menyediakan kalori dan gula yang sangat di buthkan tubuh setelah seharian berpuasa. Misalnya roti isi sayuran dan daging, mengandung cukup nutrisi, beragam vitamin dan serat yang baik untuk tubuh.

Beri jeda waktu untuk mengkonsumsi makan berat
Tahanlah keinginan untuk melahap semua makan yang tersaji. lambung memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan makanan setelah lebih dari 12 jam kosong. Langsung mengkonsumsi makan berat akan membuat perut kaget dan dapat menimbulkan perut kembung hingga sembelit.

Makan perlahan dan jangan berlebihan
Makan dengan terburu buru dapat mengganggu kadar gula dalam darah, sehingga akan selalu merasa lapar dan semakin semangat mengunyah makanan. Otak membutuhkan waktu 15 sampai20 menit untuk mengirim sinyal kenyang. Makan terburu buru dapat membuat anda mengkonsumsi makanan berlebihan dan memakan kalori lebih banyak. Selain itu itu makanan dalam jumlah besar yang masuk secara tiba - tiba kedalam lambung akan memaksa lambung memproduksi beragam enzim dalam satu waktu sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...